Tim KKN Universitas Diponegoro (Undip) yang tergabung dalam Tim II dibawah arahan

Dosen Pembimbing Lapangan Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si,

yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa berdedikasi tinggi telah melakukan Program Asistensi Penarikan Pembayaran tarif Penggunaan Air PAMSIMAS.

 

Dari hasil Observasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip ketika melakukan asistensi dengan petugas penarikan tarif air pamsimas, adanya swadaya penyedia Air Bersih dari PAMSIMAS ini sangat membantu dan memudahkan masyarakat desa Pilangsari khususnya masyarakat di dusun bener. Pasalnya dengan air dari PAMSIMAS, masyarakat lebih mudah mendapatkan air yang lebih bersih dan air berkualitas, hal ini dikarenakan konsumen/pelanggan daripada PAMSIMAS ini masih belum tergolong banyak, jadi Perawatan (Maintenance) Air dari pengelola PAMSIMAS menjadi bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh pelanggan dari PAMSIMAS tersebut.

 

Dalam pelaksanaannya, proses pembayarannya pun sangat mudah dan tidak menyulitkan warga yang memilih menggunakan jasa PAMSIMAS. Mekanisme pembayarannya dilakukan dengan cara petugas Pamsimas mendatangi rumah pelanggan secara door to door dimulai dari setiap tanggal 15 pada tiap bulan yang diawali dengan melihat angka yang ada pada meteran Air di rumah/bangunan milik warga yang kemudian dihitung selisih angka nya dengan angka pada awal periode pemakaian sebelumnya, lalu kemudian dikalikan dengan tarif yang sudah ditetapkan sebesar Rp 1.500 ,- per meter kubik nya, hal tersebut disampaikan Rizki Nurulhadi Mulyana Fakultas/Jurusan Sekolah Vokasi/Akuntansi Perpajakan Undip. (08/08/2023).

 

Selain itu, Proses Rekap Data Pembayaran pelanggan PAMSIMAS di desa Pilangsari pun masih dilakukan dengan cara konvensional dengan pencatatan manual dengan menggunakan buku. Sebagai rekomendasi, penerapan teknologi informasi dan digitalisasi dalam proses Pencatatan rekapitulasi pembayaran dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi data, sehingga pendapatan lembaga swadaya masyarakat dapat lebih optimal. Hal ini bisa dilakukan dengan cara penggunaan Aplikasi Pembayaran tagihan air yang dapat diinstal di ms.excel pada perangkat komputer.

 

Sebagai kesimpulan, Keberadaan dan Keberlangsungan Lembaga Swadaya Air Bersih PAMSIMAS di Desa Pilangsari merupakan aspek yang penting dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan melibatkan partisipasi aktif dari warga dan penerapan teknologi yang lebih modern, diharapkan Pengelolaan Lembaga Swadaya Air Bersih PAMSIMAS di masa depan dapat berjalan lebih baik dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kemajuan Desa Pilangsari. Tim KKN Undip berkomitmen untuk terus mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan desa yang lebih baik melalui program KKN yang berbasis pada kearifan lokal dan kebutuhan masyarakat, pungkas Rizki Nurulhadi Mulyana.

Bagikan Berita