GESI, SRAGEN ‒ Kegiatan bersejarah terjadi di Desa Pilangsari, Sragen, saat KKN Tim 2 Universitas Diponegoro menggelar acara “Cara Mempromosikan Desa Wisata via Media Cetak & Media Digital.” Salma Inastabriza, mahasiswi Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, menjadi inisiator dan anggota KKN Tim 2 yang aktif dalam penyelenggaraan acara tersebut.
Desa Pilangsari, yang berada di Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, memang memiliki potensi wisata yang menarik, namun promosi wisatanya belum optimal. Oleh karena itu, melalui kegiatan sosialisasi ini, harapannya dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi wisata di desa mereka dan memberikan strategi untuk mempromosikan destinasi wisata secara lebih efektif.
Acara tersebut dilaksanakan pada Rabu, 26 Juli 2023, di Balai Desa Pilangsari, dengan dihadiri oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pilangsari, dan disetujui oleh Kepala Desa Pilangsari, Pak Ahmat Munadi, S.Pd. I, Dalam acara tersebut, dipaparkan materi tentang persiapan promosi, eksekusi promosi media cetak, eksekusi promosi media digital, serta evaluasi media promosi yang dilakukan.
Sesi pertama membahas tentang pentingnya persiapan promosi yang matang. Peserta diajak untuk memahami pentingnya penentuan dan identifikasi target audiens serta persiapan materi promosi yang sesuai dengan pasar wisata desa. “Mengetahui siapa target audiens kita sangat penting agar pesan promosi dapat tersampaikan dengan tepat dan efektif,” ujar Salma.
Sesi selanjutnya adalah eksekusi promosi melalui media cetak. Peserta diberikan wawasan tentang pemilihan media cetak yang tepat sesuai dengan target pasar, pembuatan desain yang menarik dan informatif, serta proses pencetakan dan penyebaran media cetak yang efisien.
Namun, di era digital, promosi melalui media digital juga tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu, sesi selanjutnya adalah sesi eksekusi promosi media digital menjadi sorotan utama dalam acara ini. Peserta memperoleh pengetahuan tentang media digital yang relevan dengan target pasar wisata desa, seperti media sosial dan platform pemesanan online. “Pemanfaatan media digital dapat meningkatkan daya jangkau promosi dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan media konvensional. Manfaatkan platform ini untuk memperkenalkan keunikan dan keindahan destinasi wisata Desa Pilangsari,” ucap Salma dengan semangat. Selain itu, peserta diajak untuk memahami pentingnya pembuatan konten menarik dan kreatif yang berbentuk video atau foto menarik karena konten yang menarik dan kreatif dapat menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Desa Pilangsari. Terakhir, acara dilanjutkan dengan sesi edukasi terkait saran kerjasama dengan influencer atau blogger juga menjadi salah satu strategi yang dipaparkan. “Kerjasama tersebut dapat membantu meningkatkan visibilitas promosi dan mencapai audiens yang lebih luas,” ungkap Salma. Dengan cara ini, potensi wisata desa dapat lebih dikenal dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Desa Pilangsari.
Diakhir sesi acara, ada sesi serah terima brosur promosi desa wisata untuk Desa Pilangsari yang dibuat oleh Salma yang diserahkan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pilangsari dan juga Kepala Desa Bapak Ahmat Munadi, S.Pd. I. Disamping itu juga, Salma juga memberikan softfile brosur promosi tersebut kepada Kepala Desa yang tujuannya agar wisatawan yang datang dapat mengetahui sisi kepariwisataan Desa Pilangsari dan juga beberapa kuliner khas yang ada di Desa Pilangsari ini.
Pak Kades Desa Pilangsari, Pak Ahmat Munadi, S.Pd. I, memberikan dukungan atas kegiatan yang berjalan. Ia menyatakan dukungannya untuk acara ini karena memang diperlukan upaya untuk lebih mempromosikan destinasi wisata Desa Pilangsari. Pak Kades berharap bahwa dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat desa semakin sadar akan potensi wisata yang dimiliki dan bersama-sama berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata. Terlebih, fakta bahwa para peserta acara sangat antusias terhadap pengetahuan yang diberikan, harapannya, mereka juga semakin antusias untuk menerapkan pengetahuan baru yang didapat dan berkomitmen untuk berkontribusi dalam memajukan pariwisata di Desa Pilangsari.
Dengan berakhirnya acara sosialisasi, semangat kebersamaan antara KKN Tim 2 Universitas Diponegoro dan masyarakat Desa Pilangsari terus terjaga. Mereka berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam mengembangkan potensi wisata desa dan menjadikannya destinasi yang diminati oleh wisatawan. Besar harapannya acara tersebut dapat memacu perkembangan sektor pariwisata Desa Pilangsari serta memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat, terutama pada bidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Penulis : Salma Inastabriza
Prodi : Bahasa Asing Terapan – Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro
DPL : Riza Susanti, S.T, M.T
Lokasi : Balai Desa Pilangsari, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen